Feromon Pengendali Hama PBK

Hama Penggerek Buah Kakao atau yang lebih dikenal dengan PBK disebabkan oleh Conopomorpha Cramerella, dan dialami oleh hampir semua petani kakao kita. Hama PBK merupakan hama utama tanaman kakao yang sangat merugikan karena dapat menurunkan produksi 50-90%. Di Indonesia, perkembangan hama ini sudah sangat mengkhawatirkan. Bisa dikatakan 75% lahan kakao petani diserang hama PBK.


Pengendalian hama PBK yang paling sering dilakukan adalah dengan penyemprotan insektisida, namun pada kenyataannya penyemprotan insektisida tidak mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Ini terbukti dengan masih tingginya kehilangan hasil yang disebabkan oleh hama PBK sampai saat ini.
Bahkan penggunaan insektisida berdampak tidak baik bagi lingkungan.

Salah satu pengendali hama PBK dan telah terbukti bisa menurunkan tingkat serangan hama PBK dan ramah lingkungan adalah dengan feromon (pheromone). Feromon sintetik digunakan untuk pengendalian hama penggerek buah kakao (PBK),  Conopomorpha Cramerella.
Feromon atau Fero-PBK mengandung bahan aktif heksadekatrienil (60%) dan heksadekatrienol (40%), yang memiliki sifat yang khas yaitu mampu menarik PBK jantan. Dengan tertangkapnya jantan PBK akan menyebabkan berkurangnya tingkat perkawinan yang akhirnya mengurangi populasi hama PBK generasi berikutnya.
Fero-PBK adalah produk yang ramah lingkungan karena tidak mengandung racun atau bahan kimia yang dapat merusak lingkungan.

Semoga bermanfaat.

7 komentar:

Tertangkap Kamera, Malaikat Melompat dari Matahari (Video) mengatakan...

nice artikel gan........

Tertangkap Kamera, Malaikat Melompat dari Matahari (Video) mengatakan...

NIce artikel..........

EX-DOT mengatakan...

belum pernah liat hama yang begini gan, klw ngenyot buat coklatnya sih udah tapi nggak pernah kena hama.

Anonim mengatakan...

Ada informasi yg jual Feromon berbahan aktif Hexadecatrienol dimana? dan kalo bisa no telpnya sekalian.....thanks gan

Sarana Lintas Anugrah mengatakan...

Jual Fumigant Fosfhine Mephos 56 tb sangat cocok sekali untuk mengendalikan hama kakao di dalam penyimpanan atau gudang Ket Lebih lanjut Hub : PT. Sarana Lintas Anugrah telp : 0318557096. 08121737124.

Sarana Lintas Anugrah mengatakan...

Jual fumigan phosphine mephos 56 tb, sangat cocok sekali untuk mengendalikan hama gudang(untuk hama kako dalam penyimpanan dengan metode Fumigasi) Ket Lebih lanju Hub: PT. Sarana Lintas Anugrah di 031-8557096/ 08121737124

effendi wib mengatakan...

perasaan ini foto, kegiatan saya di kab, madiun??

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.