Keuntungan Sistem Budidaya Kakao Organik

Gerakan pertanian organik terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan produk organik. Begitu juga halnya dengan kakao organik. Bagi para konsumen coklat (makanan/minuman dari kakao), coklat yang dibuat dari kakao organik menjadi incaran dan paling diminati.

Harga beli coklat yang berasal dari kakao organik juga lebih tinggi daripada coklat biasa.


Berikut ini saya ingin berbagi informasi dengan teman-teman semua mengenai keuntungan budidaya kakao secara organik.

Sistem budidaya yang ramah lingkungan.
Inti dari pertanian organik adalah suatu pertanian yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam, makanya dalam pertanian organik, pemakaian asupan berupa bahan-bahan kimia tidak diperbolehkan. Hal ini didasarkan pada pemikiran pemakaian bahan-bahan kimia tersebuat akan merusak tanaman itu sendiri, kontaminasi tanah yang intinya akan berbahaya bagi lingkungan. Sistem pertanian organik juga tidak membenarkan adanya pembukaan lahan baru dengan membakar hutan ataupun di daerah hutan yang dilindungi.

Biaya produksi yang relatif lebih murah.
Dengan sistem budidaya organik, petani tidak perlu lagi membeli pupuk ataupun pestisida, herbisida atau asupan lainnya. Semua asupan itu bisa dibuat sendiri oleh petani dengan biaya yang relatif lebih murah, sebut saja untuk pupuk. Petani bisa memanfaatkan kotoran hewan sebagai bahan utama untuk membuat pupuk.

Tidak merusak kesehatan.
Penggunaan asupan kimia pada tanaman kakao secara tidak langsung akan menghasilkan buah kakao yang juga mengandung bahan kimia sehingga akan merugikan kesehatan bila kita mengkonsumsinya, begitu juga halnya dengan tanaman yang lain. Penggunaan alat semprot dengan kandungan bahan kimia juga bisa merugikan kesehatan, karena pada umunya para petani sangat tidak peduli dengan keselamatan kerja. Seperti penggunaan sarung tangan ataupun masker.

Panen maksimal.
Sistem budidaya kakao organik sudah pasti akan menghasilkan panen yang maksimal karena tanaman akan akan diperlakukan secara alami tanpa bahan kimia. Tanaman kakao akan jauh lebih sehat, berumur panjang dan tahan terhadap hama penyakit.

Harga beli yang lebih tinggi.
Produk-produk makanan ataupun minuman yang terbuat dari bahan alami (organik) sangat disukai oleh konsumen karena lebih menyehatkan tubuh. Karena itu harganya juga lebih tinggi daripada produk biasa.


Inilah gambaran secara umum keuntungan sistem budidaya kakao secara organik.
Semoga bermanfaat.

9 komentar:

Er'end mengatakan...

Mengenal lebih dekat tentang kakao,ternyata banyak sekali keuntunganya dari kakao organik ya Gan.Nice post kawan,salam kompak dari Papua.

nC mengatakan...

nice share gan :)keren jg nii :)
tp ane sedikit bingung, hehe,, jika kakao organik memiliki semua nilai plus dari aspek2 diatas, termasuk jg dari segi modal yg diperlukan sama keuntungan yg diperoleh. Kenapa ada yg memilih atau cenderung untuk memilih budidaya unorganik gan?

Majalah Masjid Kita mengatakan...

indonesia sungguh teramat kaya di segala lini kehidupan.. post di atas merupakan bukti nyata dari hal tersebut.. :( tapi anehnya mengapa taraf hidup masyarakatnya masih tetap di bawah rata2?!?!

Rezdown7 mengatakan...

wah....
keingat wktu masih kecil, saya suka banget makan buah ini.
nice info gan :D

Santai Coi mengatakan...

Trus klo lebih murah dan menguntungkan? Apakah sekarang dah banyak yg menerapkan gan? Di daerah mana?

Mas uwah mengatakan...

wkwkwk ini kan buah kesukaan saya waktu kecil,, ngisep2 bijinya sampe sakit mulutnya,, hehehe

Agus Salim mengatakan...

Aku suka organik walaupun mungkin harganya lebih mahal

Wantita Semito mengatakan...

Hallo, saya sedang mencari supplier kakao organik, apakah bisa bantu untuk contact supplier kakao organik tersebut.

terima kasih
Tita

Suku Di Indonesia mengatakan...

Info yang sangat bermanfaat. Thanks

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.