Aliansi Organik Indonesia, AOI

Aliansi Organik Indonesia (AOI) merupakan suatu organisasi masyarakat sipil yang berbadan hukum perkumpulan, bersifat nirlaba dan independen. Awalnya aliansi ini bernama BIOCert dan pada Rapat Umum Anggota Luar Biasa yang di adakan di bogor 5 Desember 2006 berganti nama menjadi Aliansi Organik Indonesia yang didasari pemikiran untuk lebih memajukan aktivitas organisasi dan kerja-kerja yang lebih bebas dari konflik kepentingan.



Pembentukan Aliansi Organik Indonesia didasari suatu pemikiran dari bentuk keprihatinan terhadap kondisi lingkungan yang semakin rusak, khususnya sektor pertanian akibat praktek-praktek pemakaian kimiawi dan pembangunan pertanian yang kurang mampu memberikan kesejahteraan petani serta sistem perdagangan yang tidak adil dimana menyebabkan kondisi petani Indonesia semakakin jauh dari kemakmuran dan kesejahteraan.

Dari kondisi inilah muncul suatu gerakan pertanian dan fair trade. Pertanian organik diyakini mampu mengatasi persoalan marjinalisasi lingkungan dan mendorong kedaulatan petani, di lain pihak sistem perdagangan adil bisa menjadi jembatan dalam mendukung kesejahteraan petani dan pelaku lainnya.

Adapun visi dan misi serta tujuan dari AOI adalah sebagai berikut:

Visi:
Terwujudnya kedaulatan petani dan kehidupan masyarakat Indonesia yang organis serta terjaganya keseimbangan lingkungan.

Misi:
Melindungi petani dari sistem yang menindas.
Mendorong gerakan dan pengembangan pertanian organik dan perdagangan yang adil.
Memfasilitasi layanan penjaminan mutu organik, khususnya bagi organisasi petani.
Untuk mewujudkan Visi dan melaksanakan Misinya, Aliansi Organis Indonesia menganut nilai-nilai keberpihakan kepada petani, kesetaraan, demokrasi, transparansi, menghargai kearifan lokal, independen dan akuntabel secara publik.

Tujuan:
Aliansi Organis Indonesia bertujuan untuk memperkuat dan memajukan gerakan pertanian organik dan fair trade di Indonesia, khususnya pemberdayaan petani kecil melalui penguatan kapasitas kelembagaan dan manajemen mutu produksi sehingga dapat mengakses pasar yang lebih baik. Dengan dukungan ini diharapkan petani kecil akan lebih berdaulat dan mampu meraih taraf kehidupan yang lebih baik.

Semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.