Apa Itu Fairtrade

Bagi sebahagian orang fair-trade masih dianggap sesuatu hal yang baru. Tapi untuk kita ketahui bahwa di dunia internasional, perdagangan dengan sistem fair-trade sudah sangat dikenal dan sudah digunakan hampir oleh semua produser produk pertanian seperti kakao dan kopi.

Apa itu fair-trade, Bila dilihat dari istilah yang digunakan sudah pasti itu merupakan istilah dalam bahasa inggris yang terdiri dari dua kata, fair dan trade. bila kita artikan secara kata, "fair" itu artinya adil sementara "trade" itu berarti perdagangan. Jadi secara istilah fair-trade itu berarti bisa diartikan sebagai suatu perdagangan yang adil. Dengan adanya istilah adil yang digunakan, berarti tidak ada pihak yang akan dirugikan atau pihak yang akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pihak lain yang terlibat dalam suatu hubungan perdagangan.


Namun secara umum fair-trade itu di definisikan sebagai  sebuah kemitraan perdagangan, berdasarkan dialog, transparansi dan penghargaan, guna mencari keadilan yang lebih besar dalam perdagangan internasional. Fair-trade mendukung pembangunan berkelanjutan dengan cara menawarkan kondisi perdagangan yang lebih baik, dan memberikan keamanan pemenuhan hak bagi petani kecil dan buruh tani. 

Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.