Happy Valentine Untuk Seorang Petani Kakao

Hari valentine atau biasa disebut hari kasih sayang dirayakan setiap 14 februari oleh para remaja khususnya bagi mereka yang sedang jatuh cinta untuk menyatakan cintanya.

Pada hari valentine para kekasih akan memberikan hadiah valentine untuk pasangannya sebagai tanda kasih sayangnya.
Dan sering kali hadiah tersebut berupa coklat. Saya tidak tahu pati alasannya memilih coklat untuk menyatakan rasa kasih sayang dan kado valentine, bagi yang tahu bisa share disini.

Bagi seorang petani kakao, jika mengetahui coklat dipilh oleh para mereka yang merayakan valentine sebagai kado valentine akan tersenyum bahagia. Terbayang dibenaknya bagaimana setiap hari dia pergi ke kebun untuk merawat dan memelihara lahan kakaonya. Menggulang kembali ingatannya bagaimana dia  memilih kakao sebagai tanaman yang ditanam dikebun dari sekian banyak alternatif tanaman yang ada. Bagaimana kakao telah menjadi sumber pendapatan utama untuk menghidupi keluarganya, membiayai pendidikan anak-anaknya dan berharap semoga kebun kakao bisa diwariskan pada anak cucunya nanti.

Bagi petani kakao coklat bukan hanya sekedar kado kasih sayang dihari valentine tapi coklat adalah hidupnya. Mungkin dia jarang makan coklat apalagi merayakan valentine, yang dia tahu hanya bahwa besok hari dia akan ke kebun untuk melihat buah kakao yang sudah bisa dipanen lalu menjualnya dan uangnya akan digunakan untuk menghidupi keluarganya.

Selamat Valentine untuk petani kakao.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.