Gerakan Pertanian Organik Dunia, IFOAM

Saya ingin membagi informasi dengan sahabat-sahabat semua mengenai sebuah lembaga internasional yang mendukung sistem pertanian organik. Bagi mereka yang sudah berwara wiri  dalam pertanian organik, nama IFOAM pasti tidak asing lagi. Bagi yang belum tahu, artikel ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai lembaga IFOAM.





Federasi Internasional Gerakan Pertanian Organik (IFOAM) merupakan organisasi internasional yang memberikan dukungan penuh terhadap sistem pertanian organik dan demokratis. Pada saat ini IFOAM telah menyatukan lebih dari 750 organisasi yang ada di 116 negara.


Untuk mencapai visi  dan misinya dari berbagai komponen gerakan pertanian organik di seluruh dunia, IFOAM telah membentuk komite resmi dan kelompok dengan tujuan yang sangat spesifik, dari pengembangan standar organik hingga memfasilitasi sistem pertanian organik di negara-negara berkembang.
 
Gerakan pertanian organik ini dimulai sejak tahun 1972 yang bertujuan mewujudkan revolusi sosial dan ekologi dengan mengadopsi seluruh aspek ekologi, sosial dan ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip pertanian organik.


IFOAM mendukung gerakan pertanian dunia dengan mengimplementasikan standar pertanian organik pada organisasi petani dan badan-badan sertifikasi multinasional, memastikan kredibilitas dan kelangsungan sistem pertanian organik, keberlanjutan ekonomi dan sosial.

Untuk menyatukan dunia organik, IFOAM menyediakan platform untuk para pemangku kepentingan dengan berbagai tujuan melalui konferensi internasional, pertemuan komite, dan forum lain. IFOAM juga memfasilitasi dialog yang sedang berlangsung dan konstruktif tentang masa depan dan status pertanian organik.

Untuk membantu anggotanya, IFOAM mengimplementasikan program-program khusus yang memfasilitasi adopsi pertanian organik, terutama di negara-negara berkembang. IFOAM juga mewakili gerakan pertanian organik di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan-badan antar pemerintah lain.

Dalam rangka memenuhi misinya, 5 tujuan utama telah ditetapkan oleh IFOAM untuk jangka menengah:

IFOAM, membangun platform global untuk gerakan organik.
IFOAM, mengembangkan, mengkomunikasikan dan mempertahankan prinsip-prinsip pertanian organik.
IFOAM, advokat dan memfasilitasi penerapan pertanian organik.
IFOAM, mendorong perkembangan pasar organik.
IFOAM, memastikan organisasi secara efektif dengan sumber daya yang memadai dan berkelanjutan.


Semoga bermanfaat.

1 komentar:

kingkong mengatakan...

Thank's gan infonya !!!!

www.bisnistiket.co.id

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.