Tentang Kakao

Saya yakin hampir semua kita menyukai coklat. Dari mulai anak-anak sampai orang dewasa menyukai rasa coklat. Malahan sering kali coklat dijadikan sebagai salah satu pilihan rasa dari banyak produk makanan dan minuman.

Hari ini saya ingin berbagi informasi sedikit dengan teman-teman yang belum tahu mengenai coklat atau umumnya disebut kakao tentang varietas kakao.

Kakao atau dalam bahasa latinnya disebut Theobroma Cacao merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai coklat. Secara garis besar hanya dikenal 2 varietas kakao yaitu Triolo dan Forasterob. Terus satu lagi varietasnya adalah campuran dari Triolo dan Forasterob. Tapi seiring tehnologi pertanian skarang sangat banyak klon-klon unggulan kakao yang merupakan turunan dari Triolo dan Forasterob sebagai alternatif bagi para petani yang ingin menggunakan bibit kakao unggulan untuk meningkatkan produktifitas dan mutu kakao yang lebih baik.

Kakao merupakan salah satu komoditas unggulan yang mempunyai peranan cukup penting dalam perekonomian nasional. Tapi sangat sayang nasib petani kakao kita masih jauh dari harapan. Padahal kita merupakan negara no.3 penghasil kakao dunia setelah Pantai Gading dan Ghana.
Semoga bermanfaat.

" Hidup petani kakao Indonesia".

2 komentar:

Outbound Training di Malang mengatakan...

hidup juga sob..

ditunggu ua kunbalnya di http://www.nolimitadventure.com/

Outbound Training di Malang mengatakan...

keren sob

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.