Fairtrade Labelling Organisations International (FLO International)

Fairtrade Labelling Organisations International (FLO Internasional) merupakan salah satu lembaga fairtrade internasional yang berkantor pusat di Bonn, Jerman. FLO merupakan suatu organisasi global yang menetapkan standart internasional fairtrade dan memberikan dukungan fairtrade bagi para produsen.


FLO didirikan pada tahun 1997 oleh inisiatif 14 lembaga fairtrade nasional yang berasal dari negara Eropa, USA, Kanada dan Jepang. 14 lembaga fairtrade nasional membentuk suatu payung organisasi yang selanjutnya diberi nama FLO yang sampai saat ini telah mempunyai  24 anggota organisasi fairtrade nasional.


FLO mempunyai dua struktur utama yaitu FLO-eV dan FLO-Cert. FLO-ev merupakan bagian utama dari FLO yang merupakan organisasi nirlaba yang dimiliki oleh lembaga label fairtrade nasional. Peran FLO-eV adalah untuk mengidentifikasi produsen baru fairtrade, membangun kapasitas lembaga bersama untuk mengelola dana premium (premi sosial), menetapkan dan memantau standar produk fairtrade dan membantu para produsen untuk memenuhi dan mematuhi standar fairtrade.

Sedangkan FLO-cert merupakan organisasi yang bertugas sebagai lembaga sertifikasi fairtrade. dimana FLO-cert akan melakukan audit untuk fairtrade dan memberikan label fairtrade kepada para produsen. FLO-eV dan FLO-cert masing-masing memiliki sebuah tim penghubung dan audit yang berbasis di Afrika Selatan.

Itulah sekilas informasi mengenai salah satu skema sosial fairtrade yang ada, mudah-mudah informasi ini bisa bermanfaat.  

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentar Sobat.
Salam Blogger.